Press Release: Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda: “Creativity”

//Press Release: Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda: “Creativity”

Press Release: Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda: “Creativity”

Penulis: Arif

Editor: Aprilia Kumala & Sekretariat IRMAPA

Pada hari Jumat, tanggal 24 September 2021, IRMAPA telah mengadakan Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda: Bincang Petang IRMAPA dengan Generasi Muda Harapan Bangsa. Topik yang diangkat adalah Creativity atau Kreativitas yang disampaikan oleh narasumber Aldi Ardilo Alijoyo, S.Psi., M.B.A., CEO dari CyberWhale. Acara dibuka oleh MC Ilham Riyadi dan sambutan dari perwakilan IRMAPA Muda, Farel Dermawan. Adapun sesi pembicara dimoderatori oleh Alfian Zata.

Aldi Ardilo Alijoyo: Creativity Adalah Never-Ending Story

Menurut APA Dictionary, creativity adalah kemampuan menghasilkan atau mengembangkan karya asli/original. Lebih lanjut, Aldi menyebutkan bahwa kreativitas adalah bagaimana kita dapat mengarahkan persepsi orang. Namun, pada dasarnya. kreativitas sendiri memiliki multi-definition sesuai dengan konteks yang sedang berlangsung. Manusia dapat menciptakan sesuatu yang bisa disebut kreatif apabila dia bisa memadukan kecerdasan dan imajinasinya.

Otak manusia memiliki syaraf neuron yang aktif apabila manusia memikirkan sesuatu, yaitu brain network. Dalam konteks ini, terdapat tiga kondisi yang umum dijumpai: 1) executive attention network, yaitu kondisi di mana otak manusia membuat keputusan untuk melakukan sesuatu; 2) default mode network, yaitu kondisi di mana otak manusia menciptakan penalaran imajinasi; dan 3) salience brain network, yaitu kondisi di mana otak manusia memfiltrasi hal yang menarik dan yang tidak menarik. Jika memadukan ketiga kondisi tersebut, manusia dapat memunculkan ide kreatif yang tentu berguna dalam dunia kerja, organisasi, menghadapi realita, hingga proses logika berpikir.

Beberapa tips membangun kreativitas, menurut Aldi, di antaranya adalah:

  • Pertama, perhatikan hal-hal kecil yang membuat diri nyaman/puas.
  • Kedua, mendorong keberanian untuk mencoba hal baru. Hindari asumsi yang meyakini bahwa zona nyaman sudah cukup untuk dinikmati karena hal tersebut akan membatasi kretivitas kita.
  • Ketiga, beranilah bermimpi (dare to dream).
  • Keempat, saat menemui creative block, cobalah untuk keluar dari keadaan tersebut dengan mencoba melihat hal baru agar otak kita tidak jenuh.
  • Kelima, sering-seringlah bertanya pada diri sendiri (what if).

Tak lupa, Aldi menekankan bahwa passion yang digabungkan dengan imajinasi tentu akan memotivasi kita untuk memunculkan ide-ide kreatif. Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda ini dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab antara partisipan dan narasumber.

-o0o-

By |2021-10-06T10:52:58+07:00October 6th, 2021|Berita|Comments Off on Press Release: Seri Webinar Bintang IRMAPA Muda: “Creativity”

About the Author: