Press Release: Riung Anggota | IRMAPA 2021: Berlari Menyambut 1 Dasawarsa Dalam Berkarya bagi Indonesia

//Press Release: Riung Anggota | IRMAPA 2021: Berlari Menyambut 1 Dasawarsa Dalam Berkarya bagi Indonesia

Press Release: Riung Anggota | IRMAPA 2021: Berlari Menyambut 1 Dasawarsa Dalam Berkarya bagi Indonesia

Penulis: Adela Widya Agustin, Citra Alifa, Edwin Hilmy Alhuwaidy & Aprilia Kumala

Editor: Sekretariat IRMAPA

Pada acara Member Gathering & International Webinar tanggal 31 Maret 2021 lalu, beberapa inisiatif IRMAPA di tahun 2021 disampaikan oleh Cipto Hartono, Ketua Bidang Keanggotaan. Adapun inisiatif ditujukan pada visi IRMAPA yakni sebagai asosiasi profesi bidang manajemen risiko di Indonesia yang mendapat posisi terhormat di dalam dan luar negeri. Dalam hal ini, mengedepankan program dan layanan bernilai tambah bagi anggota dan pemangku kepentingannya, senantiasa menjaga kredibilitas organisasi dengan dasar tata kelola organisasi yang baik, serta berupaya meningkatkan harkat dan martabat profesi manajemen risiko di Indonesia melalui kontribusi positif kepada masyarakat. Berikut berapa inisiatif tersebut.

Digitalisasi IRMAPA

Menyadari bahwa arus perubahan tidak dapat terbendung karena hadirnya kenormalan baru dan digitalisasi, IRMAPA juga berupaya untuk membangun engagement dengan anggota dan para pemangku kepentingannya melalui platform digital, misalnya memastikan website IRMAPA (irmapa.org) lebih ramah pengguna dalam menyediakan informasi tentang inisiatif kegiatan IRMAPA bagi, dengan, dan untuk para anggota, menjadi one stop shop tentang risk management updates melalui berbagai media sosial, termasuk di dalamnya menyediakan grup Telegram khusus anggota, tetap menyediakan webminar-webminar pengganti roundtable discussion secara fisik, menyelenggarakan program online training dengan berbagai topik bermanfaat (dikenal dengan Professional Development Program, atau disingkat PDP), serta terlibat dalam pelaksanaan seminar/konferensi internasional online yang diselenggarakan oleh berbagai pihak atau mitra IRMAPA.

Pengembangan Jejaring

IRMAPA juga akan terus mengembangkan jejaringnya melalui berbagai program kemitraan dengan komunitas, lembaga, maupun institusi, termasuk di dalamnya asosiasi profesi/industri, lembaga pemerintah dan institusi pendidikan tinggi. Salah satu keluaran yang diharapkan adalah publikasi-publikasi IRMAPA yang bernilai bagi anggota dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan kompetensi serta meningkatkan efektivitas manajemen risiko di organisasi masing-masing.

Kontribusi Pada Budaya Risiko Nasional

IRMAPA secara aktif akan melibatkan para anggota mahasiswa dalam berbagai inisiatif dan program IRMAPA dalam rangka membangun generasi muda dengan kesadaran dan kompetensi risiko yang dibutuhkan oleh berbagai organisasi di mana anggota mahasiswa IRMAPA berkarya setelah menyelesaikan studinya. Tidak hanya itu, melalui pengembangan jejaring dan kemitraannya, IRMAPA juga berencana untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah dan perguruan tinggi dalam meningkatkan efektivitas penerapan manajemen risiko di berbagai daerah Indonesia.

Pengelolaan Keanggotaan & Manfaatnya

Selain penertiban administrasi keanggotaan, IRMAPA juga menawarkan berbagai pilihan yang dapat menjadi manfaat bagi tiap individu masyarakat untuk menjadi anggota sesuai dengan jenis keanggotaan yang diminati. IRMAPA sedang mengembangkan laman khusus anggota yang dapat diakses pada website IRMAPA, dan ke depannya berupa aplikasi agar tiap anggota maupun masyarakat dapat dengan mudah memilih dan mendapatkan manfaat keanggotaannya melalui gawai yang dimiliki.

By |2021-04-09T11:03:02+07:00April 9th, 2021|Berita|Comments Off on Press Release: Riung Anggota | IRMAPA 2021: Berlari Menyambut 1 Dasawarsa Dalam Berkarya bagi Indonesia

About the Author: