IRMAPA Membentuk IRMAPA Sektor Publik: Dukung Maturitas Manajemen Risiko Sektor Publik Tanah Air

//IRMAPA Membentuk IRMAPA Sektor Publik: Dukung Maturitas Manajemen Risiko Sektor Publik Tanah Air

IRMAPA Membentuk IRMAPA Sektor Publik: Dukung Maturitas Manajemen Risiko Sektor Publik Tanah Air

Oleh: Aprilia Kumala

Memahami bahwa pembenahan untuk meningkatkan maturitas penerapan manajemen risiko pada sektor publik kini sedang gencar dilaksanakan oleh berbagai kementerian/lembaga/badan dan pemerintah daerah (K/L/B/D), IRMAPA melaksanakan salah satu inisiatifnya di tahun 2023 dengan membentuk IRMAPA Sektor Publik. Tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini adalah mendukung tercapainya target maturitas penerapan manajemen risiko sektor publik sesuai yang dicanangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020—2024.

Demi tercapainya target di atas, collaborative actions sangat diperlukan dari berbagai pihak, pemerintah maupun unsur masyarakat. BPKP bertugas menyediakan pedoman penilaian Manajemen Risiko Indeks (MRI) serta mengadakan bimbingan teknis bagi K/L/B/D. Manajemen organisasi K/L/B/D menetapkan regulasi sebagai landasan penerapan, menunjukkan komitmen dan kepemimpinan, perencanaan dan penganggaran, change management, benchmarking, serta pemantauan dan evaluasi bagi pelaksanaan penerapan manajemen risiko, serta yang terpenting menjalankan perannya sebagai pemilik risiko dengan melaksanakan proses manajemen risiko. APIP mendukung penerapan manajemen risiko melalui peran penjaminan kualitas, pengawasan intern terhadap GRC (governance-risk-compliance). Dan tak lupa, peran masyarakat diperlukan dalam aktivitas berbagi pengetahuan dan best practices serta dalam menjalankan kontrol sosial.

IRMAPA dalam hal ini turut mendukung inisiatif nasional menghadapi urgensi peningkatan maturitas penerapan manajemen risiko pada sektor publik dengan sejumlah aktivitas dan kegiatan yang diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap segala upaya dari pemerintah di atas. Salah satu contohnya adalah melalui pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang manajemen risiko. IRMAPA bekerja sama dengan LSP mitra sertifikasi yang telah dilisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), LSP MKS, bersama dengan mitra pelatihan yang memang fokus melayani pasar sektor public, The Way Academy. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kapasitas SDM K/L/B/D untuk menerapkan manajemen risiko secara efektif berdasarkan pada SNI ISO 31000 serta mengakselerasi penyebaran kompetensi ini ke seluruh K/L/B/D. Diharapkan, melalui skema sertifikasi manajemen risiko yang telah dilisensi BNSP, dan didesain serta ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemahaman setiap jajaran eselon hingga di tingkatan manajemen puncak pada organisasi K/L/B/D, dan dengan berbasiskan pada standar nasional Indonesia untuk penerapan manajemen risiko, SNI ISO 31000, maka maturitas penerapan manajemen risiko di masing-masing organisasi sektor publik dapat meningkat menuju target yang diinginkan, bahkan terus berkembang sesuai dengan ekspektasi dan komitmen pimpinan masing K/L/B/D.

Sehubungan dengan hal ini, IRMAPA mengembangkan stuktur organisasi dengan membentuk IRMAPA Sektor Publik dengan fokus melaksanakan berbagai inisiatif dan aktivitas untuk melayani kebutuhan para Anggota profesional dan praktisi manajemen risiko sektor publik maupun komunitas praktisi dan profesional manajemen risiko sektor publik di tanah air. Pengembangan organisasi ini dipimpin oleh Fitri Sawitri yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Pengurus IRMAPA Bidang Keanggotaan. IRMAPA Sektor Publik ini tentunya sangat dinantikan kiprahnya, khususnya demi mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan maturitas penerapan manajemen risiko sektor publik di tanah air yang kita cintai ini.

Beberapa contoh kegiatan peningkatan kompetensi SDM sektor publik di bidang manajemen risiko sektor pubilk:

Sesi Foto Bersama Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

Sesi Foto Bersama Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko Inspektorat Provinsi Jawa Tengah

Moderator The Way Academy Webinar – Menuju Pencapaian Indeks Manajemen Risiko 3.0 SPIP Terintegrasi Sektor Publik: Charles R. Vorst Ketua Umum IRMAPA

Pembicara The Way Academy Webinar – Menuju Pencapaian Indeks Manajemen Risiko 3.0 SPIP Terintegrasi Sektor Publik: Dhoni Widianto, S.Sos., M.Si., C.FrA, QRMP (Plt. Inspektur Jawa Tengah)

-o0o-

By |2023-02-17T16:55:56+07:00February 17th, 2023|Berita|Comments Off on IRMAPA Membentuk IRMAPA Sektor Publik: Dukung Maturitas Manajemen Risiko Sektor Publik Tanah Air

About the Author: