Oleh: Haris Firmansyah, SE & Sekretariat IRMAPA

Ekspansi multi-triliun dolar sektor digital membuat para pemimpin dan pembuat keputusan hanya memiliki dua pilihan: beradaptasi dengan kecepatannya yang semakin cepat, atau tertinggal.

Sejak internet mulai mendapatkan adopsi arus utama di awal tahun 90-an, pertumbuhan ekonomi digital telah mengalami peningkatan pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Layanan streaming digital menarik lebih banyak pemirsa daripada TV kabel di beberapa negara, 1 perbankan tanpa cabang menjadi hal yang biasa di seluruh dunia, jutaan transaksi terjadi dalam seni digital setiap hari, dan bisnis ecommerce dengan cepat memasukkan bakat dan sistem untuk memenuhi permintaan konsumen dalam transaksi melalui media pembayaran digital baru.

Saat ini, setiap bisnis, mulai dari layanan keuangan dan perawatan kesehatan hingga pendidikan dan mobilitas, merangkul teknologi digital untuk menarik audiens, mengotomatiskan dan mengoptimalkan proses, memangkas biaya, dan meningkatkan pendapatan.

Untuk memperoleh manfaat semaksimal mungkin dari ekonomi digital yang melonjak, pemerintah sebagai pembuat keputusan harus memastikan bahwa hal itu legal dan menjaga keseimbangan dalam pertukaran barang dan jasa digital, hak milik, akses jaringan, penggunaan data, standar peralatan dan protokol, dan bahkan hak asasi manusia.

Pemerintah perlu memahami potensi dunia digital dan ekonominya. Bersama dengan sistem yang berubah secepat kemajuan teknologi, pemerintah dapat menyesuaikan peraturan yang relevan dengan dunia yang mengutamakan digital. Pandangan ini menjadi panduan untuk investasi yang tepat dalam infrastruktur. Alhasil keputusan ini mampu memacu inovasi dan peluang ekonomi.

Namun, sangat penting untuk menyadari juga bahwa ada risiko ketika pasar tumbuh secara cepat, bersamaan dengan teknologi informasi dan operasional yang dipercepat. Hal ini meningkatkan ancaman bagi industri keamanan siber untuk bertahan dari serangan atau kejadian tak terduga. Kerentanan ekonomi dan struktur digital nasional dapat menciptakan permintaan untuk keamanan. Alhasil, terjadi peningkatan pengeluaran untuk produk dan layanan keamanan, serta langkah-langkah untuk melindungi dari risiko baru (misalnya, kejahatan kripto, perubahan iklim, dll).

Kabar baiknya, laju pertumbuhan ekonomi digital semakin cepat. Para pemimpin di bidang ini menuai keuntungan signifikan yang memungkinkan mereka untuk berinvestasi kembali di masa depan sambil tetap kompetitif selama penurunan.

Apa yang dibutuhkan pelaku pasar sekarang adalah mengajukan pertanyaan penting tentang bagaimana mendekati ekonomi digital dan mempercepat pengembangan setiap tingkatannya. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, adaptasi adalah bertahan hidup dan merupakan kebutuhan saat ini untuk memenangkan perlombaan ekonomi digital dan tetap kompetitif di masa depan.

Artikel ini telah diterbitkan oleh BCG dengan judul Charting Economic Opportunities In The New Digital Paradigm pada 20 Desember 2022. Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.