Oleh: Haris Firmansyah, SE & Sekretariat IRMAPA

Di era sekarang, perusahaan menghadapi tuntutan tinggi terkait Environmental, Social, and Governance (ESG). ESG adalah cara menilai kemajuan sebuah perusahaan dalam hal keberlanjutan berdasarkan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Faktor Lingkungan: Menilai dampak perusahaan terhadap perubahan iklim, pengelolaan limbah, dan efisiensi energi.

Faktor Sosial: Mengukur kepatuhan terhadap hak asasi manusia, standar tenaga kerja, dan kesehatan serta keselamatan kerja.

Faktor Tata Kelola: Meliputi aturan tata kelola perusahaan, kepemimpinan, gaji eksekutif, dan hak pemegang saham.

Peraturan ESG Global

  • Amerika Serikat: Securities and Exchange Commission (SEC) mempertimbangkan kewajiban pelaporan ESG, meskipun tidak selalu terkait dengan aspek finansial.
  • Negara-Negara Lain: Negara seperti Denmark, Afrika Selatan, China, Malaysia, dan Filipina mewajibkan pelaporan ESG. Uni Eropa dan beberapa negara lainnya juga sedang memperbarui regulasi terkait pelaporan ESG.
  • India: Securities and Exchange Board of India (SEBI) memperkenalkan Business Responsibility and Sustainability Report (BRSR) yang mewajibkan perusahaan teratas untuk melaporkan informasi ESG pada tahun 2022-2023.

Investasi ESG tidak hanya mempertimbangkan risiko tetapi juga dampak positif terhadap masyarakat. ESG dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, kepercayaan pemegang saham, serta memberi manfaat pada masyarakat dan lingkungan.

Tanggung Jawab Individu dan Perusahaan

Tanggung Jawab Individu: Setiap orang dapat berkontribusi pada ESG melalui langkah-langkah kecil, seperti mengurangi limbah dan mendukung keberlanjutan. Misalnya, menanam tanaman di teras rumah untuk mendukung lingkungan.

Langkah Aksi untuk Perusahaan:

  1. Hubungkan Kinerja Non-Finansial dengan Finansial: Pertimbangkan risiko ESG dan integrasikan dalam model bisnis.
  2. Analisis Risiko Iklim: Bangun pendekatan analisis risiko perubahan iklim dan transisi ke masa depan terdekarbonisasi.
  3. Tingkatkan Pelaporan Non-Finansial: Perbaiki proses pelaporan untuk membangun kepercayaan.

ESG adalah tanggung jawab kita semua. 

Artikel ini telah diterbitkan oleh ISACA, dengan judul Insights into Environmental, Social and Governance (ESG) Karya Chetan Anand. Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.